Prasasti Jambu (Pasir Kolengkak)

Prasasti Jambu (Pasir Kolengkak)

Source : Wikipedia.Org, Leiden Library,

Lokasi Prasasti Jambu terletak di Pasir Sikoleangkak (Gunung Batutulis ±367m dpl) di wilayah kampung Pasir Gintung, Desa Parakanmuncang, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor. Koordinat 0°15’45,40” BB (dari Jakarta) dan 6°34’08,11”. Dahulu pada masa kolonial Belanda lokasi ini termasuk Perkebunan Karet Sadeng-Djamboe tetapi sekarang disebut PT.Perkebunan XI Cikasungka-Cigudeg- Bogor.

Penemuan Prasasti Jambu ditemukan pertamakali tahun 1854 oleh Jonathan Rigg dan dilaporkan kepada Dinas Purbakala tahun 1947 (OV 1949:10), tetapi diteliti pertamakali pada tahun 1954.

P-044012

Jenis bahan Prasasti Jambu dipahatkan pada batu dengan bentuk alami (sisi-sisinya berukuran kurang lebih 2-3meter).

2 responses to “Prasasti Jambu (Pasir Kolengkak)

  1. Waduh saya ga tau pengelola blog ini siapa. Mungkin namanya Anang ya? Salam kenal aja, saya rizal, penyuka cerita sejarah. ini mas, saya kagum liet foto2 prasasti tarumanegara-nya. banyak yg saya baru liet… itu asli ada fotonya? dari museum ato buku? kalo boleh saya mau minta referensinya. Kalo museum, museum mana? kalo buku, judulnya apa n penulisnya siapa? sama satu lagi mas, sejarah sunda kan masih aga gelap dibanding sejarah jawa… minta referensinya dong, yang bagus bukunya apa? saya tertarik, karena ada yang bilang sunda memiliki peradaban yang ga kalah maju, hanya kurang keekspos… saya jadi tertarik. minta tolongnya ya… makasih.

    • kalo di source/sumber-nya (biasanya dibawah judul) ada garis bawah (underline) berarti ada udah ada link-nya, tinggal diklik kanan; terus biasanya ak kasih nomor kode-nya (Shelfmark) dibawah photo, contoh : library.leidendotedu –> Digital Special Collections –> A word or phrase —> nomor kode (shelfmark); kalo buku kurang tau saya, biasanya artikel di leiden library aja, tinggal cari pake kata kunci yg dikehendaki … sorry baru balas sekarang, iya, namaku anang, tinggal di kab. paser (kaltim), makasih kembali. untuk prasasti di atas (photo lama) di link leiden library – shelfmark P-044012 …

Leave a Reply

